Ledakan! Sejarah singkat boom poker

Kita semua tahu istilah itu, dan kita semua masih hidup di dunia yang diciptakannya. Tapi apa booming poker, dan apa artinya bagi permainan?


DEFINISI “BOOM”

Dari semua cara kita dapat mulai mengukur dampak ledakan poker, mari kita mulai dengan yang ini. Jika boom poker tidak terjadi, Anda tidak akan duduk di sana membaca artikel ini, karena saya tidak akan duduk di sini menulisnya.

Moneymaker: Pemain kunci dalam boom poker

“Boom poker” adalah singkatan yang diterima untuk peningkatan sensasional dalam minat poker yang terjadi, secara umum, pada dekade pertama abad ke-21. Ini adalah periode di mana poker — dan Texas hold’em khususnya — berubah dari permainan yang dimainkan oleh sebagian kecil orang dalam pengaturan yang dikontrol ketat menjadi permainan global yang dimainkan oleh miliaran orang, seringkali di rumah mereka sendiri.

Itu terjadi berkat tiga perkembangan yang tumpang tindih dan saling mengabadikan, yang menciptakan badai yang sempurna.

Pertama, munculnya poker online, yang berarti permainan tersedia 24 jam sehari, 365 hari setahun, dan mudah diakses melalui komputer.

Kedua, perusahaan televisi mulai memanfaatkan potensi TV untuk poker, mengintip kartu hole berkat kamera di bawah meja, dan menyelenggarakan acara yang dibuat untuk TV di mana bintang-bintang baru yang karismatik menukar ribuan dolar.

Dan ketiga, ada Chris Moneymaker, orang biasa yang ramah dari Tennessee yang memenangkan Acara Utama World Series of Poker (WSOP) di Las Vegas pada tahun 2003, menghasilkan $2,5 juta setelah kualifikasi online. Jika Moneymaker bisa melakukan itu, semua orang juga bisa. Dan semua orang mulai berusaha sangat keras untuk menjadi satu.

STATUS DI BALIK BOOM

Pieter de Korver memenangkan hadiah Acara Utama EPT terbesar di tanah Eropa

Statistik ledakan poker menceritakan kisah yang sangat jelas, dan tidak masalah set angka apa pun yang Anda periksa. Pada tahun 2000, misalnya, Main Event of the World Series of Poker memiliki 512 pemain. Turnamen ini terus berkembang setiap tahun sejak dimulainya pada tahun 1970, menunjukkan peningkatan minat secara bertahap terhadap permainan. Tetapi selama enam tahun berikutnya, dengan kemenangan WSOP Moneymaker 2003 di tengah, angka kehadiran menjadi pisang: 8.773 pemain muncul pada tahun 2006 untuk sebuah turnamen yang menghadiahkan pemenangnya $ 12 juta. Tidak pernah ada kurang dari 6.352 pemain selama Acara Utama WSOP reguler sejak itu.

Peningkatan semacam ini direplikasi di seluruh spektrum, baik di game online maupun bricks and mortar. Pertandingan pertama Kejuaraan Dunia Poker Online (WCOOP), yang berlangsung pada tahun 2002, memiliki sembilan acara dan 2.452 entri. Pada 2010, ada 62 turnamen dan lebih dari 140.000 entri ke acara tersebut.

Lalu ada EPT, yang diluncurkan di Eropa pada tahun 2004, dan Main Event pertamanya menarik 229 pemain. Saat itu, buy-in adalah €1.000 dan kumpulan hadiah pertama adalah €229K. Tetapi ketika ledakan itu benar-benar menyala, momentum EPT menjadi tak terbendung. Pada tahun 2009, Pieter de Korver memenangkan EPT Grand Final di Monte Carlo, di mana buy-in adalah €10.000 dan 935 pemain membayarnya. De Korver memenangkan €2,3 juta, hampir 30 kali lipat dari Stevic.

BOOMING DI SELURUH DUNIA

Selama ini, pemain ditarik ke poker dari area yang belum pernah ditembus sebelumnya. Selama beberapa abad pertama kehidupannya, poker secara tradisional telah menjadi hobi Amerika, di mana keluarga sering berkumpul di sekitar meja dapur untuk bermain demi uang. Tapi hal yang sama tidak benar di bagian lain dunia.

Namun, internet memungkinkan pemain baru dari seluruh dunia untuk belajar tentang poker dan kemudian memainkannya. Hotbeds mulai muncul di negara-negara yang sebelumnya tidak memiliki tradisi poker.

Skandinavia termasuk di antara pemain pertama yang membuat dampak yang jelas pada permainan, merobek buku peraturan dan mendefinisikan ulang apa arti “agresi”. Kemudian para pemain Jerman tampil ke depan, menerapkan metode studi yang ketat untuk strategi poker dan saling melatih ke tingkat yang baru. Tur seperti Tur Poker Amerika Latin, Tur Poker Asia Pasifik, dan Tur Poker Eureka mengunjungi lebih banyak negara, mengundang pemain ke dalam permainan batu bata dan mortir, yang mungkin belum pernah dimainkan secara langsung sebelumnya. Ledakan bergema melalui Brasil, Argentina, Australia, Makau, Rumania dan Bulgaria, di antara tempat-tempat lain, dengan pembawa standar di setiap wilayah muncul dan menandatangani kontrak dengan tim poker pro.

Jelas Amerika Utara terus makmur juga, dengan mahasiswa mengubah kamar asrama menjadi sarang poker, membuat diri mereka jutaan dan menjadi bintang sampul di majalah mengkilap. Meskipun untaian booming ini berakhir tiba-tiba setelah Black Friday pada tahun 2011, permainan ini sekarang sangat populer di semua lokasi lain sehingga semangat poker terus berkurang.

BAGAIMANA BOOM MENGUBAH POKER

Dengan jutaan orang bermain poker di begitu banyak lokasi berbeda, tikungan baru pada permainan mapan mulai muncul. Game online memungkinkan pengembang untuk bereksperimen dengan variasi baru, tetapi game lain muncul secara organik.

Poker Cina tiba-tiba menjadi sangat populer

Di suatu tempat yang dekat dengan puncak booming, poker Cina wajah terbuka tiba-tiba menjadi kegemaran yang luar biasa, dengan pemain top tampaknya menghabiskan setiap waktu luang dari meja turnamen utama memainkan permainan sampingan berisiko tinggi dalam varian khusus ini. Pertandingan kandang semua orang juga memiliki putaran baru, dengan Texas hold’em atau Omaha tetap menjadi landasan dan inovator menambahkan atau mengambil kartu, atau mengubah taruhan. Ini menunjukkan fleksibilitas poker dan membuat permainan tetap segar.

Ledakan itu juga meletakkan dasar bagi sirkuit Super High Roller, di mana elit paling terampil menemukan lawan baru di antara pengusaha terkaya di dunia. Sudah ada permainan uang pribadi yang besar dengan warna kulit yang sama, dan turnamen mengikutinya. Pembelian mencapai $50K, $100K, dan lebih banyak lagi, dan kemudian, tentu saja, angka $1 juta. Lingkungan inilah yang melahirkan dek pendek, atau 6+ poker, di mana jurang dalam keterampilan antara yang paling berbakat dan yang paling tidak berbakat menyempit. Ledakan membuat semua bola ini menggelinding.

POKER BOOM DALAM BUDAYA POPULER

Sedangkan di tahun 1990-an, Anda akan menemukan relatif sedikit orang yang tahu aturan poker, pria di jalan tahun 2021 kemungkinan besar telah bermain setidaknya sekali atau dua kali. Ada permainan poker sekarang di banyak bar atau pub, sementara Anda juga dapat bermain di perangkat seluler, meskipun hanya beberapa menit di sana-sini.

Penghitung Kartu (dir. Paul Schrader, 2021)

Film yang menampilkan poker cenderung sedikit lebih baik akhir-akhir ini

Saat ledakan baru saja dimulai, kendaraan Matt Damon dan Ed Norton Rounder membawa penggambaran poker yang paling meyakinkan ke penonton Hollywood arus utama, dan itu tetap menjadi favorit di kalangan penggemar poker. Tetapi Anda akan sering melihat poker dalam banyak skenario hiburan lain akhir-akhir ini — dan terkadang permainannya akan lebih dari sekadar tarif diprediksi royal-flush-beats-quads. Bahkan ada “konsultan poker” yang berdedikasi pada film terbaru Paul Schraeder, Penghitung Kartu.

Ini semua berkat eksposur poker yang lebih besar, dan pemahaman yang lebih tinggi di antara penonton. Semuanya mengarah pada boom poker.

Meskipun beberapa orang mengklaim bahwa ledakan poker masih berlangsung, permainan terus beroperasi pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada yang diperkirakan siapa pun sebelum tahun 2000. Ruang kartu online secara teratur masih memiliki puluhan ribu pemain yang menikmati poker secara bersamaan, sementara ukuran lapangan di acara-acara besar ratusan kali lebih besar daripada dua dekade lalu.

Tingkat percepatan boom poker mungkin telah melambat, tetapi poker masih menempati dataran yang sangat tinggi. Bagaimanapun, Anda masih membaca artikel ini. Dan saya masih menulisnya.

Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published.